Gerak Jalan Solidaritas Tahanan Palestina

No comment 250 views

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) bersama dengan lembaga kemanusiaan Aqsa Working Group (AWG) memprakarsai kegiatan Gerak Jalan Solidaritas Tahanan Palestina pada Kamis 21 Sya'ban 1438 H./ 18 Mei 2017 M.

Gerak jalan yang dilaksanakan dari Kedutaan Besar Palestina menuju Kantor Perwakilan PBB. Aksi ini diikuti oleh sekitar 500-an peserta aksi dari berbagai daerah di Indonesia.

Peserta aksi yang terdiri dari remaja hingga orang tua tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Massa yang awalnya akan berjalan kaki ke gedung perwakilan PBB di Jl. Thamrin, Jakarta, dari Kedutaan Besar Palestina, berangkat dengan mobil dan bus.

“Setelah mendapat arahan dari Kapolda bahwa jalan utama harus steril dari aksi demo atau pejalan kaki, maka kami ke gedung PBB dengan bus,” kata Ketua Aqsa Working Group (AWG) Agus Sudarmaji di Kedutaan Palestina.

Sejak 17 April 2017, sekitar 1.500 tahanan Palestina di penjara-penjara Israel melakukan aksi mogok makan dan hanya minum air garam. Mereka menuntut hak dasarnya terhadap Israel, seperti diberi akses untuk dikunjungi keluarga dan tidak ditahan semena-mena di bawah kebijakan tahanan administratif yang menyalahi HAM internasional.

Peserta Aksi menuntut 4 hal terhadap PBB. Adapun ke empat tuntutan tersebut adalah

pertama dihapuskannya semua bentuk penyiksaan terhadap tahanan Palestina di penjara Israel.

“Kami menyuarakan dan memohon kepada PBB untuk membebaskan tahanan Palestina dari Israel yang diperlakukan secara tidak manusiawi,” kata Pembina AWG Imaamul Muslimin Yakhsyallah di Jakarta, Kamis (18/5).

kedua ialah supaya tersedianya peralatan dan layanan medis bagi para tahanan.

ketiga pelonggaran izin kunjung keluarga menjadi minimal 2 kali sebulan dan keluarga mendapatkan informasi rutin dari pihak berwenang Israel.

Terakhir ialah pembebasan para tahanan yang terbukti tidak bersalah. Menurut Imaamul selain menyuarakan 4 tuntutan tadi, dalam aksi kali ini ia juga menyuarakan supaya Masjid Al-Aqsha dibebeaskan dari belenggu otoritas Israel.

Reporter : M. Sulaiman
Foto : M. Sulaiman
Editor : Misbahuddin Nur

No Response

Leave a reply "Gerak Jalan Solidaritas Tahanan Palestina"

*