Ponpes Hafidz Al-Fatah Jambi Adakan Pekan Ihya’ Ramadhan

24


Sarolangun, Jambi, – Pondok Pesantren Hafidz Al-Fatah Sarolangun, Jambi mengadakan Pekan Ihya’ Ramadhan bertema “Peran Bulan Ramadhan dalam Membentuk Akhlak Al-Qur’an.”

Mudir Ponpes Hafidz Al-Fatah, Dr. Ma’mun saat diwawancarai MINA, Senin (11/4) mengatakan, Pekan Ihya’ Ramadhan diadakan selama 5 hari, yaitu 10 sampai 15 Ramadhan dengan berbagai kegiatan di dalamnya.

“Salah satu kegiatan pembukanya adalah sosialisasi ini, Al-Aqsa dan Palestina oleh Aqsa Working Group (AWG) dan sosialisasi MINA yang kami sebut sebagai ajang olah pikir santri, mengajak santri untuk berfikir dan menambah pengetahuan tentang Al-Aqsa sekaligus mengajak santri untuk berperan di dalamnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Pekan Ihya’ Ramadhan diisi dengan beberapa kegiatan, yaitu Musabaqah, Ifthar Jama’i, Sima’an Al-Qur’an, Tarawih, Kajian Kitab, dan Tausiyah atau Kultum.

“Pekan Ihya’ Ramadhan ini adalah yang pertama, kegiatan-kegiatan di dalamannya diadakan dengan maksud mengisi bulan Ramadhan dengan berbagai amalan-amalan sholih,” ujarnya.

“Di samping membekali nilai Tafaqqahu Fiddin, ini juga selain mendidik, juga sebagai latihan bagi santri untuk nanti bisa diterapkan ketika terjun di masyarakat, mulai dari baca kita kuning, kajian hadits/tafsir, muhadloroh dan lain sebagainya,” jelasnya.

Dalam Pekan Ihya’ Ramadhan, Ma’mun menanamkan tiga hal, yaitu olah Pikir, olah Zikir, dan olah Skill.

“Olah pikir seperti tadi edukasi Al-Aqsa, olah Zikir seperti ibadah mendekatkan diri kepada Allah, kemudian olah Skill ini ada pada point Musabaqah, sima’an, juga kami menanamkan skill menulis,” jelasnya. (L/R12/P1)

Sumber: Mi’raj News Agency (MINA)