Tabligh Akbar Wilayah Kalimantan Barat

No comment 335 views

Tabligh Akbar PontianakJamaah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Kalimantan Barat menyelenggarakan acara Tabligh Akbar pada Ahad pagi 19 Rajab 1438 H./ 16 April 2017 M.

Acara Tabligh Akbar dilaksanakan di Masjid Raya Mujahidin Pontianak ini mengambil tema "Mewujudkan Pengamalan Islam Rahmatan Lil 'Alalmin dalam Bingkai Kesatuan Ummat".

Acara ini diisi oleh beberapa orang penceramah diantaranya Syahrani, SE.I, MA, Ketua Bidang Dakwah FPI Kalbar. Syahrani yang juga Dosen IAIN Pontianak itu mengatakan bahwa selama ini sebagian umat sering termakan fitnah karena malas bertabayun atau memeriksa kebenaran dari suatu berita yang menyudutkan seseorang tokoh ulama atau ormas Islam.  Padahal bertabayun adalah perintah langsung dari Allah untuk menghindarkan umat manusia dari kehancuran akibat fitnah yang memang dengan sengaja disebarkan oleh orang-orang fasik.

Di akhir ceramahnya yang berjudul “Upaya Menyemai Dakwah Humanis Di Tengah-tengah Umat sebagai Kekuatan untuk Menjaga Kerukunan”, Syahrani menyampaikan terima kasih dan merasa terhormat diundang pada acara yang sangat penting untuk membangun kesadaran umat tentang pentingnya kesatuan dan ukhuwah Islamiyah.  Pada kesempatan seperti ini menurut Syahrani FPI dapat menyampaikan klarifikasi tentang keadaan yang sebenarnya.  Semakin sering terjadi silaturahim di antara para tokoh dan ulama akan terjalin komunikasi yang positif dan saling tukar informasi di antara semua komponen umat.  Inilah salah satu wujud pengamalan perintah Allah dan Rasul-Nya terkait kerukunan sesama umat Islam maupun dengan komponen masyarakat pada umumnya.

Dalam acara tersebut hadir pula sebagai penceramah yaitu KH. Muhammad Hasbi Abdullah (Pembina Ponpes Tahfizul Quran Al Fatah Singkawang, Kalbar).  Ada sambutan khusus dari Kapolda Kalbar yang diwakili oleh Wakapolres Pontianak karena Kapolda dinas ke Serawak, Malaysia dalam rangka kerjasama denga Kepolisian Diraja Malaysia, Drs. H. Syahrul Yadi, MSi (Rais Suriyah PWNU Kalbar dan Kakanwil Kementreian Agama Prov Kalbar).

Perbedaan di antar umat manusia adalah taqdir dari Allah Subhanahu wa Ta’ala yang harus dijalani secara sehat.  Perbedaan bisa jadi adalah persaingan yang seharusnya disikapi secara positif bahkan sering kali jadi kebutuhan. Di tengah-tengah kehidupan umat Islam perbedaan hendaknya disikapi dengan dewasa dan tetap mengedepankan kerukunan. Hal ini disampaikan oleh Ust. Syahrul Yadi, MSi, pada acara Tabligh Akbar ini.

Adapun Taushiyah Pamungkas disampaikan oleh Imamul Muslimin KH. Drs. Yakhsyallah Mansur, MA, dengan mengangkat judul “Al-Jama'ah adalah Rahmat dan Perpecahan Adalah Adzab"

 

Pewarta : Agus Sudarmadji
Foto : Gusdar
Editor : Misbahuddin Nur

No Response

Leave a reply "Tabligh Akbar Wilayah Kalimantan Barat"

*