Tadrib Umaro Jabodetabek, Banten dan NTB: Memimpin Untuk Melayani

3

Cikampek – Para pemimpin umat hendaknya memprioritaskan pekerjaannya pada pelayanan umat, demikian Ustaz Agus Sudarmaji sampaikan pada Tadrib Umaro (pelatihan kepemimpinan) di Cikampek, Sabtu (24/9).

“Umaro adalah pelayan, maka pelayanan kepada umat yang dipimpin menjadi prioritas tugas umaro di wilayah”, tegas Ustaz Agus pada saat mengisi pelatihan bagi para umaro di Wilayah Jabodetabek Banten dan NTB.

Amir Majelis Kutab Pusat Jama’ah Muslimin (Hizbullah) itu juga menyitir sebuah hadis shahih, Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda, “Kullukum Ro’in, Wakullukum Mas Ulun ‘Aro’iyyatihi, yang artinya bahwa “Setiap kalian adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya”.

Karena itu, menurut Ustaz Agus yang juga seorang trainer dan psikolog menyampaikan hendaklah setiap pemimpin membekali dirinya dengan ilmu-ilmu kepemimpinan dan pemahaman terhadap umat yang dipimpin.

Untuk itu tambahnya, membangun tim terbaik dalam membina dan melayani umat adalah hal yang sangat penting dilakukan oleh Umaro Wilayah. Maka, Motivasi, Ilmu, Tujuan, Regulasi,dan Andil atau disingkat MITRA adalah salah satu penyebab pelayanan akan maksimal.

Sebaliknya, EGO atau Enggan, Ghil (prasangka) dan Over Acting adalah penyebab retaknya ukhuwah umat Islam.

“Mari pahami MITRA dan jauhi EGO dalam memimpin umat”, tandas Ustaz Agus.

Pada acara dengan tema, Meningkatkan Shaf Umaro untuk Meningkatkan Layanan Umat tersebut juga diisi dengan materi Muhasabah Diri para umaro oleh Ustaz Wahyudi KS, Amir Majelis Dakwah Pusat Jama’ah Muslimin (Hizbullah).

Ustaz Wahyudi KS menyampaikan tentang pentingnya para pemimpin dalam meningkatkan ketakwaan diri kepada Allah Ta’ala.

Selain itu, tentang Ketaatan, Tertib dan Disiplin bagi para umaro juga umat Islam menjadi landasan utama yang harus dimiliki setiap pemimpin. Karena menurtunya, itu adalah prinsip-prinsip Islam yang harus di kedepankan.

Ustaz Wahyudi KS juga menyampaikan kepada para umaro untuk senantiasa memperhatikan sunnah-sunnah harian yang selalu dilaksanakan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasallam, diantaranya senantiasa membanca Al Quran, shalat berjamaah di masjid bagi laki-laki dan melaksanakan shalat malam atau tahajud.

Dengan itu semua, harapan Ustaz Wahyudi KS, para umaro dalam memimpin umat akan senantiasa dimudahkan oleh Allah Ta’ala.

Selain materi penguatan kepemimpinan yang diberikan pada tadrib umaro tersebut, peserta juga diikutkan pada pelatihan kepemimpinan dilapangan dengan simulais Outbound.(NA)