AWG Berangkatkan Tim Safari Ramadhan ke Wilayah-Wilayah

18


Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, – Aqsa Working Group (AWG) dalam Safari Ramadhannya di Wilayah Sumatra mensosialisasikan Masjidil Aqsa dan program-program Ramadhan.

Sosialisasi diawali dengan penjelasan tentang Masjid Al-Aqsa, mulai dari kondisi geografis hingga kondisi terbaru keadaan Palestina khususnya Masjid Al-Aqsa.

Presidium AWG, Rustam Effendi mengatakan, di antara program Ramadhan AWG adalah memberikan donasi untuk Ifthor (berbuka puasa) warga Palestina yang rencananya akan dikirim langsung ke sana pada 20 Ramadhan.

“Ini akan kita salurkan langsung ke Gaza, kita serahkan langsung kepada keluarga Palestina melalui AWG Biro Gaza. Nah ini darimana dana yang kita salurkan ini? Tentu dari tangan-tangan dermawan para ikhwan sekalian. Uang kita yang ada di lemari, bisa jadi ada terselip sedikit hak milik saudara kita, maka salurkan niatkan karena Allah,” ujarnya.

Rustam berharap, dengan disampaikannya program-program tersebut, setelah kami kembali terus lanjutkan program-programnya, bahkan kalau perlu siapkan toples khusus untuk diisi rupiah demi rupiah berapapun jumlahnya, niatkan karena Allah.

“Setelah kami kembali, jangan cukup sampai di sini. Kita gerakkan kembali toples-toples di rumah ikhwan-ikhwan, isi berapapun jumlahnya. Jangan lihat jumlahnya, tapi lihat kesungguhan kita untuk menolong sesama karena Allah Subhanahu Wata’ala,” tuturnya.

Sementara, Pengurus AWG Pusat, Yusuf Maulana saat memberikan edukasi Al-Aqsa menyampaikan, Palestina memiliki urgenitas yang tinggi bagi kaum muslimin untuk membela dan mengembalikan hak-haknya dari belenggu penjajahan.

“Dahulu Palestina negeri yang damai, area-areanya masih luas, tidak seperti sekarang yang hampir habis direnggut oleh penjajahan Zionis Israel,” ujarnya sembari menunjuk gambar peta Palestina pada sebuah slide Presentasi.

“Lalu bagaimana mengembalikan bentuk peta Palestina ini menjadi seperti semula? Maka perlu persatuan yang kuat antar umat Muslim, Bersama-sama menyamakan persepsi, membela dan bersatu mengembalikan hak kemerdekaan Palestina atas penjajahan Zionis Israel. Hanya ada dua kemungkinan, Palestina terbebas dengan andil kita di dalamannya, atau sebaliknya,” lanjutnya.

AWG berangkatkan tim Safari Ramadhan ke beberapa Wilayah. Safari Ramadhan ini merupakan kegaitan AWG yang dibagi menjadi empat Thaifah (tim), yaitu tim Jawa Tengah Utara dan Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Sumatera.

Tim Sumatera yang merupakan keberangkatan pertama pada 3 Ramadhan 1443 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 5 April 2022 Masehi.

SAfari Ramadhan ini diperkirakan akan selesai hinggal 20 Ramadhan 1443 Hijriyah.

“AWG selain daripada misi utamanya untuk mengenalkan kembali Masjid Al-Aqsa, juga sebagai ajang silaturahmi dan menggalang perhatian ikhwan-ikhwan kepada Masjidil Aqsa dan Palestina. Terlebih pada Ramadhan ini AWG akan mengirimkan bantuan Ifthor yang dananya bersumber dari para ikhwan dan akan langsung disalurkan oleh AWG Biro Gaza,” jelasnya.

Sementara, Ketua AWG Biro Lampung, M Waliyulloh menyatakan bahwa tujuan utama Safari Ramadhan adalah untuk mengingatkan kembali dan supaya terus diingat bahwa Masjid Al-Aqsa adalah hak kaum Muslimin yang perlu didukung agar terhenti daripada penjajahan Zionis Israel.

“Tentu misi utamanya adalah supaya tetap mengingat bahwa Al-Aqsa itu tidak bisa dilupakan, banyak ikhwan-ikhwan kita yang masih menderita. Adapun hal-hal lain yang berkaitan dengan Al-Aqsa seperti fundraising, membuka kesempatan kepada ikhwan-ikhwan untuk mendonasikan hartanya untuk saudara-saudara kita di sana, mendakwahkan persatuan, juga sosialisasi terkait sudah adanya legalitas AWG dari Kemenkumham,” jelasnya.

Sumber: Mi’raj News Agency (MINA)