Fatayat Shuffah Cileungsi Gelar Seminar Tentang Kesehatan Mental

25


Bogor – Fatayat Shuffah Cileungsi menggelar Seminar Talkshow kesehatan mental dengan tema “Mental Health Matters: Katanya atau Nyatanya?” pada Ahad (09/10), di Gedung H. Muhyiddin Hamidy Lantai 2, Kompleks Ponpes Al-Fatah Cileungsi.

Hadir sebagai pembicara Iin Aura, seorang praktisi healing yang juga penulis buku ‘Heartpreneur’, dan Adzkia Founder ‘My Safe Place’, serta moderator Sri Astuti, Wakil Kepala Liputan MINA.

Dalam kesempatan itu, Iin Aura menyampaikan tema tentang “How to Handle your Mental Health“.

“Seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta dapat menjalin hubungan positif baik dengan dirinya sendiri maupun dengan orang lain,” kata Iin.

Ia juga menjelaskan berbagai macam jenis gangguan mental umumnya, seperti Bipolar, Anxiety (kecemasan), depresi,
gangguan stres pasca trauma atau post-traumatic stress disorder (PTSD), Histeria, dan Psikosomatisme.

Iin berpesan, sesuai sabda dari Rasulullah Muhammad bahwa kenali dirimu, maka dirimu akan mengenal Tuhanmu.

“Belajarlah dari kesalahan dan teruslah berbuat kebaikan meskipun kita banyak kekurangan, karena kegagalan bukanlah suatu akhir dari perjuangan kita,” ujar Iin.

Sementara Adzkia menjelaskan tema tentang ‘Get to Know About Us: My Safe Place’, salah satu projek yang dimilikinya bersama teman-temannya, yaitu membuat satu produk ‘buku Jurnal’ untuk membantu dalam hal konsuling terkait gangguan atau kesehatan mental.

Ketua Pelaksana Acara Alimah mengatakan, acara ini diselenggarakan untuk menjalin ukhuwah antar Fatayat, dan juga guna memperingati hari Kesehatan Mental Sedunia yang diperingati setiap 10 Oktober.

Turut hadir dalam kesempatan itu di antaranya, Amir Markas 1 M. Tobri, Koordinator Muslimat Pusat Ummi Maghfiroh, dan Wakil Koordinator Ummahat Markas 1 Wiwi Wigati.

Amir Markas M. Tobri berpesan, jadilah pelopor perubahan untuk hal-hal yang bermanfaat. Ia juga mengapresiasi diadakannya acara ini yang semoga dapat mempererat ukhuwah antar Fatayat. (L/R6/P1)

Sumber: Mi’raj News Agency (MINA)