Komunitas One Day Khatam Quran Silaturahim Sambut Ramadhan

36

Bekasi – Komunitas One Day Khatam Quran (ODKQ) mengadakan silaturahim kopidarat menyambut bulan suci Ramadhan, di Masjid Baitul Muttaqin Jl. Pangeran Jayakarta, Harapan Mulya, Kec. Medan Satria, Kota Bekasi, Jabar, Ahad (27/3) sore.

Pembina ODKQ Ustadz Sohidun Ihsan mengharapkan, pada bulan Ramadhan nanti yang biasanya satu hari satu juz, agar ditingkatkan setidaknya tiga juz dalam sehari.

Ia juga meminta agar peserta jangan mudah melelang bacaan satu juznya, dengan alasan sakit sedikit.

“Justru bila perlu kalau sakit, tambah bacaannya, karena memang Quran itu sebagai penyembuh,” harapnya.

Koordinator ODKQ, Ustadz Sumanto pada pertemuan bertajuk “Meraih Kemuliaan dengan Al-Quran”,  itu mengumumkan Group Tersolid dan Terdisiplin dalam mengkhatamkan Al-Quran.

Ia mengumumkan, peringkat I : group 15, peringkat II : group 1, dan peringkat III : group 6.

Imam Yakhsyallah : Tugas Rasul Membacakan Al-Quran

Imaam Yakhsyallah Mansur dalam nasihatnya mengatakan, salah satu tugas Rasul adalah membacakan Al-Quran kepada manusia.

“Agar aku (Rasul) membacakan Al-Qur’an (kepada manusia),” tegasnya.

Imaam Yakhsyallah menambahkan, tugas Rasul lainnya adalah memerintahkan manusia untuk menyembah Allah dan agar menjadi Muslim, ujarnya, menguraikan Surat An-Naml ayat 91-92.

Dia mengapresiasi peserta ODKQ yang secara rutin mengkhatamkan Al-Quran. Ia juga berharap agar hal itu meningkat pada bulan Ramadhan nanti.

Pada kesempatan silaturahim tersebut, Imaam Yakhsyallah juga memberikan bimbingan Tahsin Al-Quran mengenai Huruf Fawatihus Suwar, yaitu huruf-huruf yang menjadi pembuka surah dalam Al-Quran.

“Dalam belajar bab ini harus berhadapan secara langsung atau Talaqqi dengan pembimbing Al-Quran,” ujar Pembina Jaringan Pesantren Al-Fatah se-Indonesia tersebut.

One Day Khatam Quran (ODKQ) sejak diluncurkan pada 5 Oktober 2019, saat ini memiliki sekitar 700 peserta dengan 23 group. Setiap group terdiri dari 30 orang, masing-masing bertadarus satu juz setiap hari. Sehingga satu group khatam Quran setiap hari.

Admin Group ODKQ dikoordinir oleh Ustadz Sumanto, berpusat di Masjid Baitul Muttaqin Bekasi, dengan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Bagi kalangan umat Islam, pemuda, ikhwan dan akhwat, yang berminat mengikuti program One Day Khatam Quran (ODKQ) dapat menghubungi koordinator, Sumanto, di nomor WhatsApp : 0813-1804-0623.

Sumber: Mi’raj News Agency (MINA)